Definisi
Multimedia, multimedia
terdiri dari dua kata “multi” artinya banyak, dan “media” sesuatu yang dipakai
untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu
v
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
MANFAAT
MULTIMEDIA
Multimedia
memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan dibawah ini :
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Industri
kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk
hiburan, untuk seni komersial,
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Presentasi
yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan
komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan
menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Selain
itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya
untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi.Permainan populer dalam
multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah
tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online.Beberapa video games
mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai
penerima pasif informasi.
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Dalam
pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer
dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna
melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar
yang terkait dalam berbagai format informasi.Informal Edutainment adalah
istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan
hiburan, terutama hiburan multimedia.
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Perangkat
lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk
sebagai hiburan dan pelatihan seperti pelatihan militer atau industri.
Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah
kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Di
sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi
untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga
bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk
di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Dalam
matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling
dan simulasi.Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular
tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat
baru.Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of
Multimedia.
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Dalam
Pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka
dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh
virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
![*](file:///C:\DOCUME~1\UZUMAK~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Pengambil
foto copy / dokumen dan mengkonversi ke dalam format digital
SEJARAH
Istilah
multimedia berawal dari teater, bukan komputer.Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan
multimedia mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia
sebagai bagian dari pertunjukan. Sistem Multimedia dimulai pada akhir 1980-an
dengan diperkenal¬kannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987, dan pengumuman
oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connec¬tion
(AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan tersebut, hampir setiap
pemasok perangkat keras dan lunak melom¬pat ke multimedia.Pada 1994,
diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia di pasaran.
Citra
visual dapat dimasukkan ke dalam sistem dari paket perangkat lunak yang
menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner
optik. Input audio dapat dimasukkan melalui mikrofon, pita kaset, dan compact
disk. Output visual dapat ditampilkan di layar komputer dan di monitor televisi
yang tersambung. Output audio dapat disediakan oleh alat output suara, speaker
stereo, dan headset. Pada 1990, harga sistem multimedia yang lengkap berkisar
$10.000, tapi harganya sejak itu menurun, membuat teknologi itu dalam jangkauan
perusahaan kecil yang benar-benar membutuhkan. Namun, harga perangkat keras
tidak mencerminkan total biaya untuk Multimedia dalam makalah buku ini
digunakan untuk menjelaskan suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras,
perangkat lunak dan alat-alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem
piringan optik atau sistem stereo - semua dimaksudkan untuk menghasilkan
penyajian audiovisual penuh. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk
mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya daripada media tabel dan
grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video
bergerak, atau animasi, dan mendengar suara stereo, perekaman suara,atau musik.
Perangkat-perangkat multimedia
Sebenarnya apa saja perangkat yang mendukung multimedia sebuah komputer? Sekarang juga telah banyak jasa sewa multimedia. Berikut adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan :
1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia.
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer.Contoh perangkat lunak untuk multimedia adalah Windows media player yang dapat digunakan untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer kita.
Sebenarnya apa saja perangkat yang mendukung multimedia sebuah komputer? Sekarang juga telah banyak jasa sewa multimedia. Berikut adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan :
1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia.
Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer.Contoh perangkat lunak untuk multimedia adalah Windows media player yang dapat digunakan untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer kita.
2. CD / DVD ROM
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
3. Sound CardSound card (kartu suara)
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
3. Sound CardSound card (kartu suara)
perangkat yang terhubung pada papan
induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol
suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker.
Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan
MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
4. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
4. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang
terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra
(gambar) agar mempunyai kualitas yang baik.Saat ini kartu grafis yang sering
digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated
Graphics Port).
5. TV Tuner
5. TV Tuner
TV Tuner merupakan perangkat yang
memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada
layar monitor. TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card
expansi.Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan
bisa langsung dihubungkan ke monitor.
6. SpeakerSpeaker (pengeras suara)
6. SpeakerSpeaker (pengeras suara)
perangkat
output untuk menghasilkan suara. Contohnya headset.
PERANGKAT
LUNAK
Perangkat lunak (software) adalah istilah
umum untuk data yang diformat dan disimpan secaradigital, termasuk program
komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis
oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah
komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk
mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia.Perangkat lunak ini
digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat
lunak sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia.Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.
Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
b. Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
c. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.
Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia.Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.
Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
a. Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
b. Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
c. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.
Perangkat
Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang
memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak
dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui
penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring,
sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya
Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut.Contoh dari aplikasi ini adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon menggunakan konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya adalah Microsoft Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Aplikasi Multimedia untuk keunggulan bersaing di perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain sumber daya manusia,
produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.
Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT).Misalnya peusahaan IntallShield membuat perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training. Aplikasi yang lain misalnya rekrutmen karyawan, seperti yang dilakukan oleh L’OREAL.
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut.Contoh dari aplikasi ini adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon menggunakan konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya adalah Microsoft Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Aplikasi Multimedia untuk keunggulan bersaing di perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain sumber daya manusia,
produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.
Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT).Misalnya peusahaan IntallShield membuat perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training. Aplikasi yang lain misalnya rekrutmen karyawan, seperti yang dilakukan oleh L’OREAL.
PERANGKAT
KERAS
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenaifirmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
v Papan
sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan
memiliki slot untuk kartu tambahan.
v RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek,
sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data.
Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
v Buses:
§ Bus PCI
§ Bus ISA
§ USB
§ AGP
§ Bus PCI
§ Bus ISA
§ USB
§ AGP
v ROM (Read Only Memory) di mana firmware
diletakkan
v CPU (Central
Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
v Power supply -
sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
v Pengontrol
penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk,
Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk
(atas-papan) atau di kartu tambahan
v Pengontrol
penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
v Pengontrol
komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan
alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
v Beberapa jenis
penyimpanan komputer:
o CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
§ CD-ROM
§ CD-RW
§ CD-R
o DVD
§ DVD-ROM
§ DVD-RW
§ DVD-R
o Floppy disk
o CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
§ CD-ROM
§ CD-RW
§ CD-R
o DVD
§ DVD-ROM
§ DVD-RW
§ DVD-R
o Floppy disk
v Penyimpanan
dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
o Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
o Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
v Kartu suara -
menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti
olehspeaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
v Jaringan
komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
o Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
o Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
• Alat lainnya.
o Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
o Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
• Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat
memasukkan komponen luar lainnya.Dibawah ini merupakan komponen standar atau
umum digunakan.
Ø Input
o Keyboard
o Alat penunjuk
§ Mouse
§ Trackball
o Joystick
o Gamepad
o Scanner gambar
o Webcam
o Tablet Grafis
o Keyboard
o Alat penunjuk
§ Mouse
§ Trackball
o Joystick
o Gamepad
o Scanner gambar
o Webcam
o Tablet Grafis
Ø Output
o Printer
o Speaker
o Monitor
o Printer
o Speaker
o Monitor
Ø Jaringan/Networking
o Modem
o kartu network
o Modem
o kartu network
Semoga bermanfaat bagi rekan rekan semuanya
Belum ada tanggapan untuk "pengertian multimedia"
Posting Komentar